Headlines

Selain menekankan pada pendidikan formal, Sekolah Tanjungpinang juga memberikan perhatian yang besar terhadap pendidikan karakter siswa. Melalui program-program pendidikan karakter yang terintegrasi dalam kurikulum, siswa diajarkan untuk menjadi individu yang berkualitas, memiliki integritas, dan memiliki sikap yang baik terhadap lingkungan sekitar.


Sekolah Tanjungpinang merupakan sekolah yang tidak hanya fokus pada pendidikan formal, tetapi juga memberikan perhatian yang besar terhadap pendidikan karakter siswa. Hal ini dapat dilihat dari program-program pendidikan karakter yang terintegrasi dalam kurikulum sekolah tersebut.

Pendidikan karakter merupakan bagian penting dalam pembentukan pribadi siswa. Melalui program pendidikan karakter, siswa diajarkan untuk menjadi individu yang berkualitas, memiliki integritas, dan memiliki sikap yang baik terhadap lingkungan sekitar. Hal ini bertujuan untuk membentuk siswa menjadi individu yang tidak hanya cerdas secara akademis, tetapi juga memiliki moral yang baik.

Salah satu program pendidikan karakter yang diterapkan di Sekolah Tanjungpinang adalah pembiasaan nilai-nilai seperti kejujuran, disiplin, tanggung jawab, kerja sama, dan menghargai perbedaan. Siswa diajarkan untuk menginternalisasi nilai-nilai tersebut dalam kehidupan sehari-hari, baik di lingkungan sekolah maupun di luar sekolah.

Selain itu, Sekolah Tanjungpinang juga mengadakan kegiatan-kegiatan ekstrakurikuler yang dapat membantu dalam pembentukan karakter siswa. Melalui kegiatan seperti kegiatan sosial, kegiatan lingkungan, dan kegiatan olahraga, siswa diajarkan untuk memiliki sikap empati, peduli terhadap lingkungan, dan memiliki semangat kerjasama.

Dengan adanya program pendidikan karakter yang terintegrasi dalam kurikulum, Sekolah Tanjungpinang berusaha untuk membentuk siswa menjadi individu yang tidak hanya cerdas secara akademis, tetapi juga memiliki moral yang baik dan siap untuk menjadi pemimpin di masa depan.

Dengan demikian, pendidikan karakter merupakan bagian yang tak terpisahkan dari pendidikan formal di Sekolah Tanjungpinang. Melalui program-program pendidikan karakter yang terstruktur dan terintegrasi, diharapkan siswa dapat memiliki karakter yang kuat dan siap menghadapi berbagai tantangan di masa depan.

Referensi:
1. Lickona, Thomas. (1991). Educating for Character: How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility. New York: Bantam Books.
2. Berkowitz, Marvin W. & Bier, Mary. (2005). What Works in Character Education: A Research-Driven Guide for Educators. Washington, DC: Character Education Partnership.